Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah yang Baik

Cara Membuat Makalah yang Baik

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar – Bagi para pelajar dan mahasiswa, pasti sudah tidak asing lagi dengan tugas membuat makalah. Hampir semua mata kuliah pasti pernah menuntut agar mengumpulkan sebuah makalah untuk memenuhi kriteria penilaian.

Meskipun merupakan sesuatu yang umum, namun masih terdapat beberapa kendala ketika seseorang harus menyusun makalah. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah mengenai bagaimana format penulisan makalah yang baik dan benar.

Cara Membuat Makalah yang Sesuai Aturan EYD

Pada artikel kali ini kami akan mencoba membahas mengenai Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar. Format standar minimal penulisan makalah yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Sampul
  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab I : Pendahuluan
  • Bab II : Isi / Pembahasan
  • Bab III : Penutup
  • Daftar Pustaka

Syarat-syarat Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Dari 8 poin yang ada di atas, berikut akan Admin http://www.contohsurat4.com/ coba bahas satu per satu isi dari tiap poinnnya. Simak lansung uraiannya berikut ini :

  1. Sampul. Sampul makalah yang baik minimal harus terdiri dari beberapa bagian berikut ini : – Judul Makalah – Tujuan pembuatan makalah – Logo institusi / instansi – Penulis / penyusun makalah – Nama instansi – Tahun akademik
  2. Halaman Judul. Pada bagian Halaman Judul, berisi judul makalah yang sama dengan judul yang tertera di Sampul makalah. Biasanya disertai juga nama penulis / penyusun.
  3. Kata Pengantar. Kata Pengantar merupakan semacam sambutan dari penulis / penyusun makalah untuk menyampaikan sekilas mengenai makalah tersebut kepada para pembaca. Kata pengantar yang baik terdiri dari beberapa poin berikut : – Salam pembuka – Kalimat pembuka – Menyinggung sedikit mengenai proses pembuatan makalah – Ucapan terima kasih kepada para pihak yang turut membantu dalam penyusunan makalah – Permohonan maaf apabila penulisan makalah kurang sempurna – Kalimat penutup -Salam penutup – Menyertakan nama penulis / penyusun
  4. Daftar Isi. Pada bagian Daftar Isi berisi poin – poin materi yang terdapat dalam makalah tersebut disertai dengan nomor halamannya. Tujuannya adalah untuk mempermudah para pembaca jika ingin mencari materi pembahasan tertentu.
  5. BAB I : Pendahuluan. Pada bab yang pertama ini terdiri dari beberapa sub-bab antara lain sebagai berikut : – Latar Belakang Merupakan uraian mengenai hal – hal yang menjadi dasar mengapa kita membuat makalah tersebut. – Tujuan Berisi tujuan – tujuan pembuatan makalah tersebut sesuai dengan materi yang diangkat menjadi topik pembahasan. – Manfaat Manfaat yang dapat diperoleh dari penyusunan makalah. – Ruang Lingkup Ruang Lingkup merupakan batasan – batasan materi yang akan dibahas dalam pembahasan makalah. Tujuan dicantumkannya Ruang Lingkup ini adalah supaya pembahasan makalah tersebut jelas dan tidak melenceng keluar jalur pembahasan.
  6. BAB II : Isi / Pembahasan. Pada bab yang ke dua ini, inti dari makalah tersebut berada. Di sini semua materi akan dibahas secara tuntas. Mulai dari definisi, pembahasan materi, studi kasus, sampai dengan solusi atau metode penyelesaiannya.
  7. BAB III : Penutup. Pada bab yang ke tiga ini biasanya terdiri atas 2 poin utama yaitu : – Kesimpulan Kesimpulan berisi mengenai ringkasan atau inti dari keseluruhan materi yang telah dibahas. Pada bagian Kesimpulan ini juga terdapat ucapan terima kasih dan permohonan maaf dari penulis / penyusun. – Saran Karena penyusunan makalah tersebut belum tentu sempurna maka penyusun akan memberi saran serta meminta saran dari para pembaca agar pada penyusunan makalah selanjutnya dapat menjadi lebih baik.
  8. Daftar Pustaka. Daftar Pustaka berisi sumber – sumber dan literatur yang kita jadikan referensi dalam penyusunan makalah tersebut. Sumber – sumber referensi ini dapat berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar, bahkan website / situs dari internet. Semua daftar kepustakaan tersebut kita cantumkan pada bagian Daftar Pustaka ini agar kita terhindar dari kasus plagiatisme. Jika kita memperoleh materi dari website biasanya kita juga harus mencantumkan waktu kapan kita mengakses website tersebut.

FORMAT Makalah Yang Baik dan Benar

Makalah yang baik biasanya dicetak dengan :

  • Kertas ukuran A4
  • Sampul kertas Buffalo
  • Tulisan dengan font Times New Roman ukuran 12
  • Line spacing 1,5
  • Margin kertas : Atas (4 cm), Bawah (3 cm), Kiri (4 cm), Kanan (3 cm)
  • Makalah yang baik terdiri atas minimal 10 halaman pembahasan
  • Nomor halaman terletak di bagian kanan atas, sebelum Bab I nomor halaman ditulis dengan angka romawi (i, ii, iii, dst.) dan berada di posisi bawah (tengah), mulai Bab I nomor halaman ditulis dengan angka biasa (1, 2, 3, dst.).

Demikian kurang lebih pembahasan kita kali ini mengenai Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar. Mungkin terdapat beberapa perbedaan format penulisan pada satu instansi dengan yang lainnya.

Namun pada dasarnya format minimal yang sesuai standar umum adalah seperti yang telah kita bahas di atas. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca yang sedang mencari referensi Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar. Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar | Notulen | 4.5