Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK

Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK

Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK

Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK – Surat Keterangan Kuliah adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh suatu universitas atau perguruan tinggi yang isinya adalah menyatakan bahwa seseorang masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi tersebut.

Surat Keterangan Kuliah ini biasanya dikeluarkan oleh Dekan Fakultas. Namun ada beberapa perguruan tinggi yang mempunyai kebijakan bahwa yang mengeluarkan Surat Keterangan Kuliah adalah Bagian Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK).

Cara Membuat Surat Keterangan Aktif Kuliah

Hal ini sah – sah saja dan tidak ada perbedaan yang cukup berpengaruh terhadap penggunaan Surat Keterangan Kuliah tersebut. Tergantung pada kebijakan yang berlaku di perguruan tinggi masing – masing.

Hal ini lah yang akan menjadi topik pembahasan kita pada artikel kali ini yaitu mengenai Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK. Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK ini biasanya digunakan oleh para mahasiswa yang ingin melakukan suatu kegiatan di luar kampus dan sebagainya.

Beberapa hal yang menjadi poin penting dalam menyusun Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK antara lain sebagai berikut :

    1. Kop surat atau kop universitas. Kop surat resmi dari perguruan tinggi harus disertakan karena Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK merupakan jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh pihak universitas.
    2. Kepala surat. Tuliskan kepala surat seperti biasa, dalam hal ini adalah SURAT KETERANGAN AKTIF KULIAH. Sertakan juga Nomor Surat yang dikeluarkan.
    3. Identitas pihak yang menyatakan. Mencantumkan identitas orang yang membuat atau mengeluarkan Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK secara jelas.
    4. Identitas mahasiswa yang dinyatakan. Identitas mahasiswa yang dinyatakan juga harus dicantumkan secara jelas sesuai data yang terdapat pada database perguruan tinggi.
    5. Identitas orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan. Cantumkan juga identitas orang tua mahasiswa yang bersangkutan agar lebih jelas dan rinci.
    6. Isi pernyataan. Isi Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK memuat tentang pernyataan bahwa mahasiswa yang bersangkutan memang benar – benar masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi tersebut.
    7. Penutup. Menutup Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK seperti surat keterangan pada umumnya.
    8. Tanda tangan, nama lengkap dan stempel. Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap, tanda tangan serta stempel resmi universitas di akhir surat.

Bagi para pembaca yang kebetulan sedang mencari sumber referensi untuk menyusun Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK, berikut kami berikan beberapa Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK. Simak contoh berikut :

Contoh 1 :

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDOSESIA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta (55285)
Website: uty.ac.id
 Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Riyono, S.T., M.Eng.

NIP: 0987654321

Jabatan : Dekan Fakultas Sains dan Teknologi

Instansi : Universitas Teknologi Yogyakarta

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama: Ahmad Ridlo Fadli

NIM: 0111222333

Tempat, tanggal lahir : Kudus, 17 Agustus 1994

Jenis kelamin : Laki – laki

Jurusan / Semester : Teknik Komputer / 6

Tahun ajaran : 2015 / 2016

Benar – benar masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di Prodi Teknik Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta dan orang tua dari mahasiswa tersebut adalah :

Nama : Nur Fadli

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Jalan Gunung Muria 123, Kudus

Demikian surat keterangan ini kami keluarkan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 22 Maret 2016

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UTY

Joko Riyono, ST, M.Eng.

GIGIT. 0987654321

Contoh 2 :

KOP SURAT
SURAT KETERANGAN AKTIF KULIAH
Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Dekan Fakultas Pendidikan Universitas Pati Bumi Mina Tani dengan ini menerangkan bahwa :

Nama lengkap : Aprilia Dwi Sri Handayani

NIM : 091264111

Tempat, tanggal lahir : Pati, 23 Mei 1994

Jurusan : Pendidikan Bahasa Inggris

Alamat : Jalan Bukit Indah 12, Jaken, Pati

Adalah benar masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di Fakultas Pendidikan Universitas Pati Bumi Mina Tani tahun akademik 2015 / 2016.

Demikian keterangan ini dibuat dengan sebenar – benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pati, 22 Maret 2016

Dekan

Prof. Ahmad Nur Mujiono

NIP. 0123456789

Demikian beberapa Contoh Surat Keterangan Kuliah dari Dekan Fakultas atau BAAK yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Semoga dapat menjadi bahan referensi yang berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.