Contoh Surat Pemesanan Barang untuk Pribadi atau Perusahaan 2017

Surat Pemesanan Barang

Surat Pemesanan Barang

Surat Pemesanan Barang – Jika pada artikel sebelumnya teleh kita bahas mengenai Surat Penawaran Barang , maka kali ini yang akan kita bahas adalah kebalikan dengan materi tersebut yaitu mengenai Surat Pemesanan Barang.

Surat Pemesanan Barang adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi yang wajib untuk memesan barang atau beberapa barang tertentu yang sedang dibutuhkan.

Barang yang dipesan ini tidak boleh barang yang ada dengan proses produksi pada perusahaan atau instansi, kita bisa memesan barang barang atau alat-alat yang kita butuhkan sebagai iventaris perusahaan, seperti meja, kursi, lampu, lemari, dan lain sebagainya.

Selain itu, Surat Pemesanan Barang ini juga bisa berfungsi sebagai tindak lanjut atau jawaban dari Surat Penawaran Barang yang telah diajukan oleh pihak tertentu sebelumnya.

Contoh Surat Pemesanan Barang

Contoh Surat Pemesanan Barang

Sebenarnya kebutuhan-kebutuhan tersebut bisa langsung kita dapatkan jika kita mau langsung bayar ke pihak yang bersangkutan. Namun kita lah yang harus datang ke pihak yang bersangkutan untuk membeli barang-barang tersebut.

Suka jika kita menggunakan Surat Pemesanan Barang ini maka kita tidak perlu datang langsung ke pihak yang bersangkutan, karena biasanya pihak lah lah yang akan mengantarkan barang barang yang kita pesan ke perusahaan kita. Cukup mudah bukan?

Dalam MEMBUAT KETENTUAN Surat Pemesanan Barang Penyanyi, ADA beberapa hal yang harus diperhatikan demi keasan dan kelancaran transaksi. Beberapa hal tersebut, antara lain:

  1. Mencantumkan identitas kita sebagai pemesan secara jelas.
  2. Menjelaskan detail barang-barang atau alat-alat yang ingin kita pesan. Mulai dari nama barang, jumlah yang ingin dibeli, warna, ukuran dan segala hal yang berhubungan dengan deskripsi barang tersebut.
  3. Menyebutkan metode pengiriman barang yang diinginkan.
  4. Menyebutkan cara pembayaran yang dikehendaki.
  5. Jangan lupa juga untuk menentukan waktu pengiriman barang sekaligus waktu pembayarannya.
  6. Yang tidak kalah penting adalah alamat alamat kita sebagai pemesan secara jelas agar barang yang kita pesan bisa tepat waktu dan tidak salah alamat kapan.
  7. Yang terakhir, seperti biasa kita harus menggunakan sistematika dan tata bahasa yang baik dan benar agar sesuai lebih sopan.

Setelah membahas mengenai teori tentang Surat Pemesanan Barang ini, tentu saja para para sudah memiliki sedikit pertimbangan dalam bentuk keputusan dari Surat Pemesanan Barang Tersebut. Sebenarnya bentuk dari Surat Pemesanan Barang ini cukup sederhana dan tidak terlalu jauh berbeda dengan surat-surat niaga lainnya. Namun untuk lebih jelasnya, berikut saya menawar beberapa contohnya:

Contoh 1 :

CV. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Sunan Gunung Muria 45, Kudus, Jawa Tengah

Telepon: 0295-000-0000, Faks: 0295-000-0000

Nomor: ….. / ….. / …… / …..

Hal: Pesanan Barang

 

Yang terhormat

PT. Nasional Elektro Surya Sentosa

Jalan Pemuda 12

Semarang

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari majalah bisnis lokal Jawa Tengah, yaitu PT. National Elektro Surya Sentosa adalah perusahaan yang bergerak di bidang Barang-Barang Elektronik, dengan ini kami khusus untuk memesan beberapa barang elektronik sebagai berikut:

 

1. 10 Unit Kulkas 2 pintu

2. 10 Unit Mesin Cuci

3. 15 LCD TV Unit 29 inchi

4. 20 Unit Kipas Angin

5. 5 Unit

 

ACya barang barang yang ingin kita pesan. Kami berharap agar barang barang bisa dikirim selambat-lambatnya tanggal 5 Desember 2015. Pembayaran akan kami lakukan secara tunai dengan pengiriman barang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

 

Kudus, 29 November 2015

Hormat kami,

CV. Maju Terus Pantang Mundur

Eka Ahmad Feri Setiawan

 

Contoh 2 :

PASAR MEKAR JAYA MINI

Jalan Bukit Indah 45, Pati, Jawa Tengah (59184)

Telepon: 0123456789

Pati, 29 November 2015

Nomor: ….. / ….. / ….. / …..

Hal: Pesanan Barang

 

Yang terhormat,

Kepala Bagian Pemasaran

PT. Gelatik Kembar Siam

Jalan Soekarno Hatta 17

Semarang

 

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak Nomor: ….. / ….. / ….. / ….. tanggal 20 November 2015 lalu. Dengan surat ini kami sampaikan kami tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya kami menentukan untuk memesan barang-barang sebagai berikut:

 

1. 10 pelek kertas A4 Gelatik Kembar Siam 70gr katalog no. 09

2. 5 pelek kertas A4 Gelatik Kembar Siam 80gr katalog no. 09A

3. 10 rim kertas F4 Gelatik Kembar Siam 70gr katalog no. 10

4. 3 kotak pensil 2B Gelatik Kembar Siam katalog no. 20

5. 5 kotak pulpen Gelatik Kembar Siam katalog no. 21A

6. 1 kotak Peta Coklat 305 katalog no. 50

 

Cara pengiriman barang kami tunggu paling lambat tanggal 1 Desember 2015 dan pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Pasar Mini Mekar Jaya

Muhammad Nur Mujiono

Bagian pembelian


Contoh 3 :

CV. MAJU JAYA ABADI

Jalan Ringroag Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta

Telepon: 0295 000 0000

Yogyakarta, 29 November 2015

Nomor: ….. / ….. / ….. / …..

Hal: Pemesanan Barang

 

Yang terhormat,

Manajer Pemasaran

PT. Orion Furniture And Property

Jalan Bukit Indah 514, Pati

Jawa Tengah

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari brosur promosi yang diterbitkan oleh PT. Orion Furniture And Property dan juga melalui situs resmi perusahaan, PT. Orion Furniture And Property adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam furniture dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan yang terkenal serta instansi-instansi di Jawa Tengah dan sekitarnya. Sehubungan dengan hal tersebut, kami pilihan untuk memesan:

 

1. 30 unit meja belajar

2. 30 unit kursi belajar

3. 10 unit rak buku

4. 20 unit lemari

 

Lengkap barang yang kami pesan selamat ulang tahun selambat-lambatnya satu minggu setelah surat ini. Proses pembayaran terhadap seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan maksimal 2 hari setelah barang barang pesanan kami terima. Dan sebagai bukti, kami akan mengirimkan fotocopy tanda bukti pembayaran.

 

Demikian surat pemesanan barang ini kami sampaikan. Dan kami tunggu pengiriman barang barang di alamat kantor kami di atas. Atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Manajer

CV. Maju Jaya Abadi

Gunawan Adi Santoso, SE

Baca Juga:

Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang 

Contoh Surat Penawaran Barang ke Perusahaan

Contoh Surat Penawaran yang Bagus dan Lengkap

Surat Permintaan Penawaran Barang atau Produk

Contoh Surat Jasa dan Barang Ke Perusahaan

Demikian beberapa contoh yang bisa saya berikan. Semoga contoh-contoh ini bisa menjadi referensi dan referensi sahabat-sahabat pembaca sekalian. Saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi situs ini. Sampai jumpa di membahas surat-surat di artikel selanjutnya.