Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign dari Kerja

Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri – Menunjukkan loyalitas dan konsistensi dalam mengerjakannya bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Terlebih jika kita bekerja pada sebuah perusahaan dalam waktu yang sangat lama.

Terkadang kita akan merasa bosan, berat, dan ingin mencoba suasana yang baru. Entah itu dengan cara pindah ke perusahaan lain atau mungkin memutuskan untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja kita sendiri.

Selain hal tersebut, ada faktor lain misalnya dengan bertambahnya usia maka produktivitas kerja kita akan semakin menurun. Ditambah lagi pasti akan bermunculan tenaga kerja-tenaga kerja baru yang masih muda dan sangat produktif serta memiliki tingkat pendidikan yang jauh di atas kita.

Tentu saja orang-orang itu akan menjadi kompetitor kita dalam sebuah perusahaan. Selain itu masih banyak faktor dan alasan-alasan yang lain yang bisa mengubah seseorang untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan.

Jika memang alasannya untuk kebaikan diri sendiri atau perusahaan tersebut maka sah-sah saja jika kita memutuskan untuk berhenti dan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Berbicara mengenai pengunduran diri ini, cukup bagus untuk kita angkat menjadi topik pembicaraan pada artikel kali ini. Tidak perlu berlama-lama, mari kita mulai membahas kita mengenai Surat Pengunduran Diri atau Resign yang baik dan benar sesuai dengan sistematika yang berlaku.

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Mengundurkan Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Mengundurkan Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan ditujukan kepada pimpinan perusahaan tempat bekerja dengan maksud untuk memberikan pernyataan kepada si pembuat telah memutuskan untuk mengajukan masa kerja di perusahaan atau instansi tersebut.

Seperti pengalaman saat melamar sebuah pekerjaan, saat berhenti dari suatu pekerjaan yang harus menggunakan prosedur yang baik dan benar. Tidak hanya asal keluar saja dari perusahaan kita, tapi harus mengajukan sebuah keputusan resmi kepada pihak perusahaan.

Hal ini agar untuk menghormati pihak perusahaan dan agar terkesan lebih sopan dan formal. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan S urat Pengunduran Diri atau Mengundurkan Diri :

  1. Mengungkapkan Alasan Pengunduran Diri

Dalam menyusun sebuah  Surat Pengunduran Diri , perkenalkan diri kita juga secara jelas alasan mengapa kita ingin mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Namun jika alasan kita bersifat pribadi dan tidak boleh diketahui orang lain, atau alasan kita memiliki kemungkinan akan merusak hubungan baik kita dengan perusahaan, maka tidak perlu dilakukan. Ini demi menjaga kebaikan kedua belah pihak.

  1. Alat Maaf

Jangan lupa untuk membuka permohonan maaf kepada pihak perusahaan yang sedang kita kerjakan di sana kita pernah atau bahkan sering melakukan kelalaian atau melanggar tata tertib yang berlaku di perusahaan tersebut.

  1. Ucapan Terima Kasih

Yang tidak kalah penting adalah ucapan terima kasih. Berterimakasihlah kepada pihak perusahaan atas waktu, kesempatan, dan pengalaman yang kita dapatkan selama bekerja.

  1. Harapan

Kita juga bisa menyampaikan harapan kita kepada pihak manajemen perusahaan lewat  Surat Pengunduran Diri  ini.

Anda telah membaca hal-hal yang wajib dicantumkan pada surat pemberhentian kerja atau pasrah di atas. Untuk lebih jelasnya berikut adalah contoh dari surat pengunduran diri atau mengundurkan diri selengkapnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign dari Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar
contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

 contoh surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

 contoh surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

 surat mengundurkan diri

surat mengundurkan diri
surat mengundurkan diri

Jika para pembaca merasa penasaran seperti bentuk atau sistematika Contoh Surat Pengunduran Diri tersebut, berikut saya cantumkan beberapa contohnya:

Contoh 1 :

Yogyakarta, 25 November 2015

Yang terhormat,

Direktur Utama

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Mataram 123, Sleman, Yogyakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang Kekaryawanan dan Undang-Undang Tenaga Kerja maka saya selaku karyawan PT. Maju Terus Pantang Mundur yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani

Jabatan : Staff Administrasi

No. Karyawan : 0123456789

Alamat : Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta

Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri saya dari PT. Maju Terus Pantang Mundur dengan alasan saya dan keluarga saya harus berpindah tempat tinggal di luar negeri. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada motivasi negatif dalam bentuk apapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami dan memaklumi kondisi saya serta memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas kepercayaan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Aprilia Dwi Sri Handayani

Contoh 2 :

Yang terhormat,

HRD Manager

PT. Orion Furniture And Property

Jalan Bukit Indah 514, Pati

Jawa Tengah

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Eka Ahmad Feri Setiawan bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi Asisten Kepala Bagian Produksi di PT. Orion Furniture And Property terhitung sejak tanggal 26 November 2015. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Orion Furniture And Property selama ini. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya mengalami masalah kesehatan yang tidak memungkinkan saya untuk terus melanjutkan pekerjaan saya di perusahaan ini.

Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Orion Furniture And Property apabila selama bekerja di sini saya telah banyak melakukan kesalahan baik yang saya sengaja maupun yang tidak disengaja.

Saya berharap PT. Orion Furniture And Property semakin sukses dan berkembang hingga mampu menembus pasar Eropa dan Amerika. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Pati, 25 November 2015

Hormat saya,

Eka Ahmad Feri Setiawan

Contoh 3 :

Pati, 25 November 2015

Yang terhormat,

Human Resources Development Manager

PT. Sinar Mandiri Adiguna

Jalan Lampersari 222, Genuk

Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Muhammad Nur Mujiono bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri saya dari PT. Sinar Mandiri Adiguna pada posisi Kepala Bagian Quality Control, terhitung sejak tanggal 26 November 2015 dengan alasan ingin melajutkan pendidikan S3 saya di luar negeri. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa alasan yang negatif. Saya berharap pihak perusahaan dapat memahami kondisi saya dan berkenan memberikan hak-hak saya sesuai peraturan yang berlaku dan telah disepakati sebelumnya.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Sinar Mandiri Adiguna khususnya kepada Bapak Joko Riyono selaku Direktur Utama, seluruh staff dan karyawan di Bagian Quality Control, serta seluruh jajaran manajemen serta seluruh elemen karyawan PT. Sinar Mandiri Adiguna pada umumnya. Tak lupa saya juga memohon maaf kepada seluruh bagian PT. Sinar Mandiri Adiguna apabila terdapat kesalahan dan kelalaian yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini.

Harapan saya agar PT. Sinar Mandiri Adiguna dapat terus berkembang dan mampu meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan semoga bisa membuat maklum pihak PT. Sinar Mandiri Adiguna. Atas segala perhatian dan terima yang telah diberikan, saya ucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

Muhammad Nur Mujiono

Demikianlah Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign dari Kerja yang Baik dan Benar , Terima Kasih telah di baca, kami menyediakan berbagai macam contoh surat kabar yang baik dan benar sesuai format yang ada.