Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang Perusahaan yang Baik

Surat Permintaan Penawaran

Surat Permintaan Penawaran

Surat Permintaan Penawaran – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Surat Penawaran Barang untuk Perusahaan sebagai usaha untuk penawaran barang yang kita miliki ke suatu perusahaan dan sebagai langkah awal untuk menjalin kerja sama antara dua perusahaan yang bersangkutan.

Lalu bagaimana jika perusahaan kita lah yang membutuhkan barang atau barang dari perusahaan lain? Atau perusahaan kita tertarik akan iklan atau penawaran yang dibuat oleh perusahaan lain. Tentu saja perusahaan kita yang harus meminta perusahaan lain untuk mensupply barang tersebut.

Lalu bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan memberikan Surat Permintaan Penawaran Barang kepada perusahaan yang kita maksud. Materi ini lah yang akan menjadi topik pembahasan pada artikel kali ini.

Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang

Contoh Surat Permintaan Penawaran Barang

Surat Permintaan Penawaran Barang juga tidak jauh berbeda dengan Surat Barang Barang yang sebelumnya sudah kita bahas. Hanya saja pada surat ini posisi kita lah yang bertindak sebagai pengirim surat ke suatu perusahaan dan meminta mereka melakukan penawaran barang yang mereka miliki ke perusahaan kita.

Atau Surat Permintaan Penawaran Barang juga dapat digunakan sebagai langkah tindak lanjut dari surat penawaran yang telah diajukan oleh suatu perusahaan sebelumnya. Berikut ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu Surat Permintaan Penawaran Barang.

  1. Kita harus tahu secara pasti profil perusahaan yang akan kita minta untuk penawaran barang mereka. Kita harus memilih perusahaan-perusahaan yang benar-benar sudah terpercaya dan terbukti kualitasnya agar tidak memberikan dampak negatif kepada perusahaan kita setelah kita terlanjur memesan barang tersebut.
  2. Minta lah informasi sedetail mungkin mengenai harga barang, spesifikasi barang yang ditawarkan, dan informasi-informasi lain yang sekiranya penting untuk diketahui terkait dengan barang yang akan ditawarkan.
  3. Minta lah dari barang yang ditawarkan agar kita tahu apakah barang tersebut benar-benar sesuai seperti yang ditawarkan atau tidak. Hal ini untuk menarik adanya penipuan yang pada akhir-akhir ini marak terjadi di dunia bisnis.

Sebagai seorang pengusaha atau pimpinan dari suatu perusahaan, kita harus benar-benar teliti dan cermat dalam melakukan langkah transaksi bagi kita kita. Karena hal ini menyangkut masa depan dari perusahaan yang kita kelola dan para karyawan yang ada di perusahaan kita.

Untuk lebih memperjelas bagaimana bentuk dari Surat Permintaan Penawaran ini, berikut adalah beberapa contohnya: Contoh 1 :

Yogyakarta, 16 November 2015

Nomor: ….. / ….. / ….. / …..

Perihal: Permintaan Penawaran Barang

Yang terhormat,

Kepala Bagian Produksi

PT. Sinar Jaya Mandiri

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan anda yang dimuat pada harian Tribun Jogja tanggal 15 November 2015, kami tertarik untuk membeli berbagai jenis produk yang anda tawarkan.

Untuk itu kami mohon Anda dapat mengirimkan beberapa informasi yang kami perlukan mengenai spesifikasi yang lebih rinci, daftar harga, cara pembelian berikut cara pembayarannya. Kami mohon anda juga berkenan mengirimkan contoh produk yang anda tawarkan. Bila kami merasa cocok dengan produk dan harga yang anda tawarkan maka akan segera kami urus masalah pemesanan dan pembayarannya.

Demikian surat permintaan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Maju Jaya

Contoh 2 :


KOPS SURAT

Nomor: ….. / ….. / ….. / …..

Perihal: Permintaan Penawaran Barang

Yang terhormat,

(nama perusahaan tujuan)

(alamat perusahaan)

Dengan hormat,

Untuk menindaklanjuti penawaran barang anda pada (tanggal, bulan, tahun) mengenai penawaran produk bahan baku karet sintesis. Kami menyesuaikan untuk memesan:

1. ……………..

2. ……………..

3. ……………..

Kami berharap produk-produk yang kami pesan tersebut dapat kami terima selambat-lambatnya pada (tanggal, bulan, tahun). Dan mengenai proses pembayaran, kami telah mengirimkan uang muka seperti yang tercantum pada surat penawaran barang Anda sebelumnya dan pelunasan pembayaran akan segera kami selesaikan setelah produk kami terima.

Demikian surat permintaan ini kami sampaikan. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(nama lengkap)

Contoh 3 :

Yogyakarta, 16 November 2015

Yang terhormat,

PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Bukit Indah 514

Pati

Hal : Permintaan Penawaran Barang

Dengan hormat,

Kami mendapat informasi dari salah satu relasi kami, bahwa PT. Maju Terus Pantang Mundur adalah perusahaan yang bergerak di bidang bahan baku bangunan dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan kontraktor di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami tertarik untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Anda. Untuk itu kami minta dikirimkan rincian produk-produk yang terdapat pada perusahaan Anda berikut dengan rincian harga dan cara pembayarannya.

Demikian surat permintaan ini kami buat dan semoga dapat menjadi awal yang baik bagi kerjasama perusahaan kita. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Maju Mundur


Contoh 4
:

Yogyakarta, 23 November 2015

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Lampiran : –

Hal : Permintaan Penawaran Barang

Yang terhormat,

Direktur Utama

PT. Sinar Mandiri Jaya Abadi

Jalan Majapahit 45, Bantul

Yogyakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang kami terima dari salah satu relasi kami, yaitu PT. Maju Terus Pantang Mundur(CIP: Bapak Soekarno) bahwa PT. Sinar Mandiri Jaya Abadi merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam cat untuk luar ruangan beserta bahan pendukungnya. Dan telah membangun kerja sama dengan berbagai perusahaan di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kami dari PT. Orion Furniture And Property yang bergerak di bidang produsen pagar aluminium dan besi dengan target pasar ekspor ke Asia, Eropa, dan Australia adalah pemakai tetap produk cat luar ruangan dengan pemakaian rata-rata 800 liter cat per bulan. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan penawaran produk dari PT. Sinar Mandiri Jaya Abadi berupa :

1. Dempul grey dengan daya koreksi rata dan tahan terhadap suhu di atas 100 decel

2. Clear coat yang tahan gores dan bisa tahan pada suhu di atas 100 decel

3. Cat luar ruangan jenis PU

4. Epoxy yang bisa diaplikasikan dengan cat PU

Kami harap agar produk-produk yang kami minta di atas untuk segera dilakukan penawaran ke kantor pusat kami di Jalan Mataram 123, Sleman, Yogyakarta selambat-lambatnya satu minggu dari sekarang. Anda juga diperkenankan untuk menawarkan produk lain yang ada di perusahaan Anda di luar produk yang kami minta tersebut. Semoga ini dapat menjadi awal yang baik untuk kerja sama perusahaan kita ke depan.

Demikian Surat Permohonan Penawaran ini kami buat, atas tanggapan serta kerja samanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,

PT. Orion Furniture And Property

Joko Riyono, M.Eng.