Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar dan Terbaru

Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja – Terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi situs ini. Seperti biasanya saya akan mencoba untuk berbagi beberapa informasi yang berhubungan dengan dunia surat-menyurat. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas secara panjang dan lebar mengenai Surat Lamaran Kerja, di mana ada beberapa berkas yang harus kita sertakan bersama Surat Lamaran Kerja tersebut sebagai bahan pendukung agar pihak perusahaan tujuan kita mau mempertimbangkan lamaran kita. Di antara sekian banyak berkas lampiran, ada satu berkas atau informasi yang kita cantumkan pada Surat Lamaran Kerja tersebut yaitu mengenai pengalaman kerja. Jika perusahaan yang kita maksud tidak terlalu mementingkan urusan pengalaman kerja ini, maka sah-sah saja jika kita tidak perlu melampirkan berkas pengalaman kerja kita, atau mungkin hanya cukup memberikan informasi dengan suatu kalimat yang menyatakan bahwa kita sudah pernah bekerja sebelumnya. Namun apabila perusahaan yang kita maksud tersebut menghendaki untuk kita harus melampirkan bukti bahwa kita memang pernah bekerja sebelumnya, maka ini akan menjadi sebuah persoalan baru yang harus kita selesaikan. Topik inilah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini yaitu mengenai Contoh Surat Pengalaman Kerja.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja adalah surat yang dibuat atau dikeluarkan oleh suatu instansi atau perusahaan yang tujuannya adalah untuk menerangkan atau memberikan sebuah pernyataan bahwa seseorang yang menjadi objek(yang diterangkan) dalam surat tersebut memang benar pernah menjadi pekerja atau karyawan pada perusahaan tersebut. Selain sebagai bukti bahwa seseorang pernah bekerja pada sebuah perusahaan, Surat Pengalaman Kerja ini juga mempunyai fungsi sebagai referensi atau rekomendasi kepada pimpinan atau HRD perusahaan baru yang bersangkutan tersebut agar mau mempertimbangkan atau menerimanya sebagai seorang karyawan di perusahaan yang dipimpinnya. Biasanya orang yang harus menyusun Surat Pengalaman Kerja atau Surat Keterangan Kerja atau Surat Referensi kerja ini adalah orang dengan posisi HRD atau bagian Personalia.

Bagi Anda para karyawan atau pun Anda yang berkedudukan sebagai Bagian Personalia, ada beberapa tips yang dapat kita ikuti dalam menyusun sebuah Surat Pengalaman Kerja, antara lain :

1. Jadikan Surat Pengalaman Kerja ini sebagai media untuk mempromosikan diri Anda kepada pimpinan atau HRD perusahaan yang ingin Anda tuju sebagai tempat bekerja yang baru. Mintalah kepada pihak perusahaan lama Anda untuk menggunakan susunan kalimat yang menarik dan komunikatif agar pimpinan atau HRD perusahaan baru tersebut tertarik untuk merekrut Anda sebagai karyawan di perusahaannya.

2. Anda juga dapat menyarankan kepada pihak perusahaan lama Anda untuk menunjukkan kelebihan-kelebihan atau pengalaman apa saja yang Anda miliki selama bekerja di perusahaan yang sebelumnya. Namun Anda harus berhati-hati agar Anda tidak terkesan seperti orang yang sombong dan suka memamerkan kelebihannya.

3. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar serta kalimat-kalimat yang menarik agar para pimpinan secara tidak langsung dapat tertarik untuk mempertimbangkan lamaran pekerjaan Anda.

Setelah kita mengetahui bagaimana informasi mengenai Surat Pengalaman Kerja ini, tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui secara langsung bagaimana bentuk dari Surat Pengalaman Kerja itu sendiri. Namun para pembaca sekalian tidak perlu khawatir, karena seperti biasa di akhir artikel ini akan saya berikan beberapa contoh suratnya. Antara lain sebagai berikut :


Contoh 1
:

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Supardi Eko Darmono

Alamat : Jalan Lampersari 222, Genuk, Semarang

Jabatan : Kepala Bagian Personalia PT. Sinar Jaya Adiguna

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama : Eko Tri Agung Saputra

Jenis Kelamin : Laki-laki

Tempat, Tanggal Lahir : Cilacap, 1 Januari 1991

Alamat : Jalan Jenderal Sudirman 13, Genuk, Semarang

Nomor KTP : ……………..

Orang tersebut memang telah bekerja di PT. Sinar Jaya Adiguna terhitung sejak 23 Mei 2009 sampai dengan 21 Maret 2015 dengan menjabat sebagai Asisten Kepala Bagian Marketing.

Selama bekerja sebagai karyawan di PT. Sinar Jaya Adiguna, Saudara Eko Tri Agung Saputra telah menunjukkan dedikasi, kontribusi, serta profesionalisme kerja yang sangat tinggi bagi perusahaan. Orang yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan pelanggaran atau tindakan kelalaian yang dapat merugikan perusahaan. Namun dikarenakan suatu alasan pribadi yang tidak dapat disebutkan, Saudara Eko Tri Agung Saputra memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kami.

Demikian Surat Keterangan Kerja ini kami sampaikan dan kiranya dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Semarang, 24 November 2015

Kepala Bagian Personalia

PT. Sinar Jaya Adiguna

Supardi Eko Darmono

Contoh 2 :

PT. BANGUN MANDIRI SEJAHTERA ABADI JAYA

Jalan Mataram 45, Sleman, Yogyakarta

Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000

Web : http://www.bmsaj.com

Yogyakarta, 24 November 2015

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Perihal : Keterangan Pengalaman Kerja

Lampiran : –

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Riyono, S.Kom.

Jabatan : Kepala Bagian Personalia PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Eka Ahmad Feri Setiawan

Tempat, Tanggal Lahir : Rembang, 17 Agustus 1990

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Nomor KTP : ……………..

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Oktober 2015. Dengan posisi jabatan terakhir sebagai Staff Produksi.

Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan telah menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang sangat tinggi. Dan dalam hal ini Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan telah mengundurkan diri atas kehendak pribadinya.

Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Semoga Saudara Eka Ahmad Feri Setiawan dapat menjadi lebih berhasil di masa yang akan datang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Bangun Mandiri Sejahtera Abadi Jaya

Joko Riyono, S.Kom.

Kepala Bagian Personalia

Contoh 3 :

PT. TRADISIONE

Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman, Yogyakarta

Telepon : 0295-000-0000, Fax : 0295-000-0000

Web : http://www.tradisione.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : ….. / ….. / ….. / …..

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Riyono, M.Kom.

Jabatan : Direktur Utama PT. Tradisione

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : Ahmad Muis, S.Kom.

Tempat, Tanggal Lahir : Jepara, 5 Mei 1988

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Nomor KTP : ……………..

Memang benar telah bekerja pada perusahaan kami dengan masa kerja terhitung sejak 21 Desember 2009 sampai dengan 15 Maret 2015. Dengan posisi jabatan terakhir sebagai Kepala Bagian Produksi.

Sebagai informasi bahwa selama menjadi karyawan di perusahaan kami, Saudara Ahmad Muis telah menunjukkan profesionalisme dan kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan kami. Orang yang bersangkutan juga telah meraih beberapa penghargaan selama bekerja di perusahaan kami, salah satunya adalah meraih penghargaan sebagai karyawan terbaik selama 3 tahun berturut-turut pada tahun 2010 – 2012.

Demikian keterangan kerja ini kami sampaikan. Semoga Saudara Ahmad Muis dapat menjadi lebih berhasil di masa yang akan datang. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

PT. Tradisione

Joko Riyono, M.Kom.

Direktur Utama

Baca Artikel kami Lainnya :

Surat Lamaran Kerja Via Email 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja dan Surat Pengalaman Kerja di Perusahaan Swasta Maupun Pemerintah

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar 

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Paling Lengkap Terbaru 2016

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar Sesuai aturan