Contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN

Contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN

Contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN

Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN – Ketika seseorang melamar suatu pekerjaan, perusahaan akan meminta suatu pernyataan bahwa pelamar tersebut tidak sedang bekerja di perusahaan lain. Atau dengan kata lain tidak boleh terikat dengan suatu perusahaan, instansi pemerintahan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mana pun.

Hal ini biasanya didasarkan atas profesionalitas kerja yang dituntut oleh pihak perusahaan. Pada saat itu lah pelamar kerja harus membuat suatu Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN, yaitu surat pernyataan yang isinya menyatakan bahwa orang yang bersangkutan tidak sedang terikat suatu kontrak kerja dengan perusahaan atau instansi lain.

Contoh Surat Ketidakterikatan Kerja Lembaga Pemerintah

Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN ini biasanya juga digunakan oleh seseorang yang ingin mengikuti tes CPNS.

Dalam menyusun Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN ini kita harus memenuhi sistematika penulisan surat resmi. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika menyusun Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN, antara lain :

  1. Kepala surat : Seperti surat resmi pada umumnya, kepala surat ini berfungsi untuk menjelaskan jenis surat tersebut. Dalam hal ini adalah SURAT PERNYATAAN.
  2. Identitas diri pembuat pernyataan : Poin selanjutnya adalah menyebutkan identitas pembuat pernyataan. Hal ini wajib dicantumkan dalam Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN.
  3. Isi surat : Isi dari Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN ini memuat tentang pernyataan bahwa si pembuat pernyataan tidak terikat atau sedang dalam periode kontrak kerja dengan instansi atau perusahaan lain.
  4. Penutup : Biasanya berisi tentang kesanggupan mempertanggungjawabkan pernyataan yang telah dibuat.
  5. Nama lengkap dan tanda tangan : Seperti surat resmi lainnya, nama lengkap dan tanda tangan harus diberikan di akhir surat.
  6. Materai : Pada Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN, biasanya dibubuhkan juga materai (6000) agar surat ini terkesan lebih formal. Hal ini juga bertujuan sebagai bukti apabila suatu saat terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan isi surat pernyataan tersebut.

Setelah membahas tentang sistematika Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN, seperti biasa kami akan memberikan beberapa contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN sebagai referensi para pembaca sekalian. Berikut beberapa contohnya :

Contoh 1 :

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Ahmad Nur Mujiono

Tempat, tanggal lahir : Pati, 4 Juni 1977

Jenis kelamin : Laki – laki

Pendidikan : S1 Ilmu Pertanian

Alamat : Jalan Bukit Indah 514, Jaken, Pati

Dengan ini menyatakan bahwa sampai saat ini saya tidak terikat atau sedang menjalani kontak kerja dengan instansi pemerintahan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mana pun. Saya bersedia mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku apabila nantinya saya dinyatakan lulus ujian CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia tahun 2016.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pati, 19 Maret 2016

Pembuat pernyataan,

[materai]

Ahmad Nur Mujiono

Contoh 2 :

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aprilia Dwi Sri Handayani

Tempat, tanggal lahir : Pati, 1 April 1990

Jenis kelamin : Perempuan

Pendidikan : S1 Manajemen Bisnis

Alamat : Jalan Soekarno Hatta 10, Pati

Dengan ini menyatakan bahwa :

1. Sampai saat ini saya tidak terikat kontrak kerja dengan instansi pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun instansi swasta mana pun.

2. Saya bersedia ditempatkan di cabang perusahaan selama kurun waktu yang telah disepakati.

3. Tidak akan mengajukan cuti selama masa bertugas di perusahaan ini.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Apabila di kemudian hari saya terbukti melanggar atau ada perihal yang tidak sesuai dengan pernyataan ini, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku.

Pati, 19 Maret 2016

Yang membuat pernyataa,

[materai]

Aprilia Dwi Sri Handayani

Demikian beberapa contoh Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu para pembaca sekalian yang ingin menyusun Surat Pernyataan Tidak Terikat Instansi Pemerintah atau BUMN. Sampai jumpa pada artikel dan pembahasan selanjutnya.