Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi, Pemerintahan, atau Perusahaan

Surat Undangan Rapat

Surat Undangan Rapat

Surat Undangan Rapat – Rapat adalah suatu kegiatan semacam diskusi yang dilakukan oleh suatu organisasi, susunan kepanitiaan, atau perusahaan tertentu yang tujuannya adalah membahas tentang suatu masalah, mengevaluasi atau mendiskusikan tentang suatu kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan oleh kelompok-kelompok tersebut. Dengan adanya rapat maka tiap anggota kelompok organisasi atau suatu susunan kepanitiaan dapat berkumpul dalam satu tempat dan waktu yang sama. Sehingga setiap anggotanya dapat menyampaikan secara langsung mengenai ide-ide atau gagasan-gagasan yang kiranya dapat menjadi pertimbangan atau bahkan menjadi solusi bagi masalah yang sedang dialami oleh kelompoknya. Rapat juga dapat menjadi solusi untuk komunikasi yang kurang lancar antara karyawan dengan atasan dari sebuah perusahaan.

Contoh Surat Undangan Rapat

Contoh Surat Undangan Rapat

Dalam pelaksanaan suatu kegiatan rapat, kita tidak bisa begitu saja mengadakannya tanpa suatu pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk menghindari apabila anggota kelompok kita sudah ada kegiatan lain atau agenda yang tidak dapat ditinggalkan. Dengan adanya suatu pemberitahuan tersebut juga menjadi bukti bahwa rapat itu memang benar adanya dan bukan suatu penipuan. Apalagi jika kita berada dalam lingkup organisasi yang resmi. Di sinilah peran dari Surat Undangan Rapat dibutuhkan. Seperti surat-surat lain yang sudah saya bahas sebelumnya, Surat Undangan Rapat juga merupakan salah satu jenis surat resmi. Oleh karena itu kita harus memperhatikan sistematika penulisannya dan tidak boleh asal-asalan. Beberapa poin penting yang harus ada dalam suatu Surat Undangan Rapat antara lain :

1. Waktu dan tempat rapat

Waktu dan tempat pelaksanaan rapat adalah hal yang sangat penting untuk dicantumkan dalam suatu Surat Undangan Rapat. Dengan mencantumkan waktu dan tempat yang jelas diharapkan agar peserta rapat dapat datang tepat waktu dan tidak kebingungan.

2. Agenda rapat

Dalam suatu Surat Undangan Rapat biasanya juga dicantumkan agenda yang akan dibahas dalam rapat tersebut. Tujuannya adalah agar peserta rapat dapat mempersiapkan materi-materi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan rapat tersebut.

Seperti pada artikel sebelumnya, saya akan memberikan beberapa Contoh Surat Undangan Rapat agar para pembaca lebih mudah memahami bagaimana bentuk dari Surat Undangan Rapat yang baik dan benar. Dan semoga dapat memberi manfaat bagi banyak orang.

Contoh 1 :

KOPS SURAT

***************************************************************************

Nomor : …………….. Yogyakarta, 21 Oktober 2015

Hal : Undangan Rapat

Lampiran : –

Yang terhormat,

CEO PT. Orion Furniture And Property

Bapak Joko Riyono, S.Kom

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya acara pembukaan resmi cabang baru perusahaan, maka dengan ini kami mengundang CEO dan seluruh Manajer PT. Orion Furniture And Property untuk hadir dalam rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : ……………..

Waktu : ……………..

Tempat : ……………..

Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka Bapak/Ibu dimohon hadir tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ketua Panitia

(M. Ridlo)

Contoh 2 :

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH(OSIS)

SMK N 1 REMBANG

Jalan Gajahmada 1 Rembang

***************************************************************************

No. : 21/OSIS/SMK1Rbg/2015

Lampiaran : –

Perihal : Undangan Rapat

Yang terhormat,

Pengurus OSIS SMK N 1 Rembang

Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berhubung akan dilaksanakannya bakti sosial oleh OSIS SMK N 1 Rembang, maka dengan ini kami mengundang seluruh anggota pengurus OSIS SMK N 1 Rembang untuk hadir pada acara rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal : Rabu, 21 Oktober 2015

Waktu : 12.30 – Selesai

Tempat : Ruang OSIS

Agenda : 1. Pembentukan Panitia Bakti Sosial

2. Evaluasi Mingguan

Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rembang, 19 Oktober 2015

Ketua OSIS Sekretaris

Ahmad Ridlo Joko Riyono

Mengetahui,

Pembina OSIS

Drs. Heri Susetyo

Contoh 3 :

KOPS SURAT

Pati, 21 Oktober 2015

No. : ……………..

Perihal : Undangan Rapat

Lampiran : –

Yang terhormat,

Ketua RW 01 Desa Ronggo

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya acara Bersih Desa Ronggo, diperlukan beberapa persiapan demi kelancaran acara tersebut. Oleh karena itu kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu seluruh perangkat Desa Ronggo pada rapat persiapan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal : Kamis, 22 Oktober 2015

Waktu : 08.00 – Selesai

Tempat : Balai Desa Ronggo

Agenda : 1. Pembentukan Panitia Acara Bersih Desa Ronggo

2. Pembahasan RAB Acara Bersih Desa Ronggo

3. Pembentukan Susunan Acara Bersih Desa Ronggo

Demikian undangan ini kami sampaikan, mohon untuk dapat hadir tepat waktu. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Desa Ronggo

Joko Riyono, S.Kom

Sekian, dari artikel beberapa Contoh Surat Undangan Rapat Organisasi, Pemerintahan Resmi atau Perusahaan tentu dalam rapat organisasi membutuhkan tempat rapat yang memadai, untuk itu, anda bisa membaca Contoh Surat Permohonan Izin Tempat.